Langsung ke konten utama

Masalah Cak Budi menjadi Viral di netizen


Polemik keputusan Cak Budi yang membeli smartphone iPhone 7 dan mobil Toyota Fortuner menarik perhatian Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Bahkan, Khofifah akan memanggil Cak Budi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras. Dia mengatakan dalam waktu dekat Kementerian Sosial akan memanggil Cak Budi ke Jakarta.

"Lusa (Kamis-red) akan kami panggil Cak Budi ini ke Jakarta untuk memberikan klarifikasi mengenai mekanisme penggalangan donasi," kata Hartono dalam keterangan tertulis dari Kementerian Sosial yang diterima detikcom, Selasa (2/5/2017).

foto:kitabisa.com tempat berbagi kebaikan


Selain itu, Hartono menjelaskan, portal donasi kitabisa.com yang bekerjasama dengan Cak Budi baru mengajukan permohonan izin pada 25 April lalu. Namun, izin tersebut masih terkendala di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk penerbitan rekomendasi, sehingga belum bisa diverifikasi dan belum diterbitkan izinnya oleh Kemensos.

Sebelumnya, Khofifah menilai apa yang dilakukan Cak Budi tersebut mengundang kontroversi di tengah masyarakat. Mengingat para donatur telah memasrahkan uang tersebut untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan, bukan untuk disalahgunakan.

"Apapun alasannya, karena yang menyumbang tidak mengetahui jika uang yang disumbangkannya digunakan untuk membeli selain yang diniatkan di awal," kata Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (2/5/2017).

Khofifah mengatakan, jika memang apa yang disangkakan kepada Cak Budi itu benar, maka dalam hal ini yang dirugikan adalah para donatur. Namun demikian, Khofifah tetap meminta masyarakat untuk tetap berpikir positif jika ada penggalangan dana atas nama pribadi, selama tujuan donasi jelas dan pemanfaatan dana tersebut transparan dan akuntabel.

Kepada pengelola dana, Khofifah meminta untuk berhati-hati, tidak sembarang dalam menggunakan dan penyalurannya. Terlebih jika dimaksudkan untuk memenuhi kepentingan pribadi.

URL: https://news.detik.com/berita/3490044/kemensos-akan-panggil-cak-budi-yang-beli-fortuner-pakai-duit-donasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Jauh Makna Batik Parang

Batik Parang merupakan salah satu batik yang paling terkenal di Indonesia. Bagaimana tidak, batik ini merupakan salah satu motif yang paling laku di pasaran, bak kacang goreng. Bahkan mungkin batik ini merupakan motif yang langsung terbayang di benak Anda sekalian begitu kita bicara tentang batik. Bener tidak? 
Batik Parang adalah batik dengan motif yang miring 45 derajat. Dimana motifnya terdiri dari huruf S yang saling menyambung tiada henti. Pasti Anda pernah lihat dong? Mungkin salah satu alasan mengapa batik ini sangat populer adalah fakta bahwa motif batik ini jaman dulu hanya diperuntukkan bagi pemimpin, petinggi dan raja di Keraton Yogyakarta. Ya, batik ini dikenal sebagai batik yang hanya boleh digunakan oleh kalangan kerajaan saja. Tidak hanya itu, bahkan batik Parang hanya dapat diciptakan oleh para pelayan kerajaan yang ditunjuk, dengan menggunakan stempel buatan kerajaan pula. Sungguh hebat motif ini. Makanya, mungkin ketika larangan menggunakan motif tertentu telah dica…

Dapatkan Cetaphil Indonesia Hanya di BLANJA.com

4 Kawasan Sunrise Property yang Hangat saat Anda Membeli Apartemen Cibubur